STRATEGIC
VALUE OF INTERNAL COMMUNICATION
(NEW TREND)
Jadi pengertian dari strategi adalah perpaduan antara perencanaan dan pengelolaan yang diutamakan, yang dipahami sebagai sebuah metode dan diperjelas melalui taktik dalam pelaksanaan operasionalnya guna mencapai suatu tujuan tertentu dalam sebuah perusahaan.
Berikut ini beberapa strategi komunikasi di dalam perusahaan yang bisa diterapkan:
- Melakukan
komunikasi secara dua arah dan menererapkan komunikasi asertif sehingga
para pekerja akan memiliki rasa saling memiliki dengan perusahaan karena
mereka dilibatkan dalam sebuah proyek atau kegitan dalam perusahaan dan berkolaborasi dengan pimpinan
- Selalu
melakukan pembaruan dengan melalukan survei tertentu di dalam perusahaan.
- Manfaatkan
teknologi aplikasi untuk berkomunikasi seperti (WhatsApp, Instagram, Twitter, Line, Telegram) supaya komunikasi dalam
perusahaan bisa makin kritis dan semakin meningkat.
- Kurangi penyampaian pesan yang banyak membuang waktu, karena para petinggi lebih memahami jika komunikasi rutin dilakukan walau pesannya singkat.
Namun dari hal tersebut ada Nilai Strategi yang Paling Penting untuk Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Internal, yaitu :
1. Mutakhirkan Nilai dan Komunikasikan Setiap Hari : dengan cara menyampaikan nilai baru dalam kehidupan sehari-hari, melakukan pembahasan atau bincang-bincang ringan untuk menumbuhkan koneksi antara lembaga/perusahaan dengan karyawan.
2. Terapkan Strategi penggunaan teknologi komunikasi : melalui penggunaan aplikasi sebagai penunjang komunikasi tanpa bertatap muka secara langsung. misalnya whatsapp.
3. Eliminasi Branding yang Tidak Perlu : menyederhanakan dan merapikan komunikasi internal dengan mengeliminasi atau menghapus dan meniadakan nilai yang tidak memengaruhi secara positif pandangan karyawan terhadap perusahaan.
4. Dukung "Influencer" Internal: mencari satu atau beberapa karyawan yang berpengaruh bagi sesama karyawan. kemudian ajak mereka untuk mendukung komunikasi internal lembaga/perusahaan.
Selanjutnya adalah Fungsi, Tujuan dan Manfaat dari Nilai Strategi Komunikasi Internal yakni untuk menyebarluaskan pesan komunikasi yang besifat informatif, persuasif dan instruktif secara sistematik kepada sasaran untuk memperoleh hasil optimal. Menjembatani kesenjangan budaya akibat kemudahan diperolehnya dan kemudahan dioperasionalkannya media massa yang begitu ampuh, yang jika dibiarkan akan merusak nilai-nilai budaya yang ada dala perusahaan. untuk tujuan dan manfaatnya ada 4 :
1. To secure
understanding, untuk memastikan bahwa terjadi suatu pengertian dalam berkomunikasi, dengan kata lain bisa dipahami bahwa strategi memberikan pemahaman tertentu terkait perusahaan.
2. To establish
acceptance, bagaimana cara penerimaan itu terus dibina dengan baik, setelah penerimaan maka pegawai akan terus dibina demi melanjutkan sistem yang ada.
3. To motive
action, pengingatan untuk memotivasinya. Sebuah peringatan menjadi sebuah motivasi agar tidak berputus asa terhadap kemungkinan yang akan dihadapi.
4. The goals which
the communicator sought to achieve, bagaimana mencapai tujuan yang hendak
dicapai oleh pihak komunikator dari proses komunikasi tersebut. mencari tahu cara mencapai sebuah tujuan dari permasalahan tertentu.
Jadi kesimpulannya langkah/strategi yang ada pada perusahaan, hakikatnya merupakan suatu perencanaan untuk meraih sebuah tujuan, dengan adanya strategi tersebut menjadi petunjuk untuk menunjukan arah kepada tercapainya sebuah tujuan tertentu, namun strategi tidak hanya sebagai penunjuk arah, melainkan harus menunjukan bagaimana teknik operasionalnya agar dapat berjalan secara sistematik dan runtut. (Diah Saharani)
Sumber Referensi :
Hadiono Afdjani, Ilmu
Komunikasi, Proses & Strategi, (Tangerang: Indigo Media, 2015)
https://www.humasindonesia.id/berita/empat-strategi-meningkatkan-efektivitas-komunikasi-internal--228
https://www.qubisa.com/article/strategi-komunikasi-internal-dalam-perusahaan#showContent
Sussane Dahlman, Mats Haide Strategic Internal Communication A Practitioner’s Guide to Implementing
Cutting-Edge Methods for Improved Workplace Culture. Inggris : Taylor dan Francise 2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar