Jumat, 23 September 2022

Internal & CSR Communication

 

Internal & CSR Communication

 


    Disadari atau tidak, masyarakat yang ada disekitar perusahaan atau instansi mempunyai potensi yang sangat besar dalam keberlangsungan perusahaan atau instansi itu sendiri. Mereka juga menjadi salah satu bagian yang terpenting, yang harus diprioritaskan oleh sebuah perusahaan atau instansi, karena masyarakat juga menjadi salah satu stakeholder (orang yang berpengaruh) yang harus diprioritaskan oleh perusahaan dan instansi, agar terjalin hubungan yang baik diantara keduanya. Dalam hal ini, orang - orang yang berada didalam suatu perusahaan atau instansi harus mempunyai strategi-strategi khusus agar mampu menjadikan masyarakat
yang ada disekitar mereka, mendukung apa saja kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.

    Berdasarkan penjelasan Dosen saya pada mata kuliah Internal Communication, dapar kita pabami bahwa kepedulian dalam bentuk program sering disebut dengan program CSR (corporate social responsibility) atau juga disebut dengan bantuan sosial atau juga tanggung jawab sosial. CSR sendiri diartikan sebagai program berkelanjutan, yang dilakukan oleh perusahaan dan instansi untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas (kesetiaan) dari masyarakat luas.

Adapun manfaat bisnis dari mengadopsi program CSR, di antaranya :

1. Reputasi meningkat

2. Nilai pemegang saham bertambah

3. Para karyawan termotivasi dan bahagia

 

    Selain itu, CSR juga dapat dianggap memberikan kontribusi terhadap komunitas bisnis untuk membantu masyarakat memenuhi tantangan lingkungannya.

Kemudian CSR mempunyai 4 tahap :

1. Perencanaan

Melalui pendekatan bottom up ( karyawan – atasan). Misalnya seperti konsultasi dengan stakeholders untuk menentukan alokasi budget untuk kegiatan CSR. Lalu Menentukan tujuan dan target (pendekatan bawah ke atas yang bersifat internal)

2. Implementasi

Melalui penentuan jenis CSR. Ada 4 model dikelola oleh CSR yang bersangkutan :

- Pelatihan dan pendidikan ( memberi program edukasi untuk karyawan /memberi perhatian terhadap karyawan )

- Kesehatan dan keselamatan ( melindungi sumber daya yang bekerja di perusahaaan ) 

3. Komunikasi

Penyampaian secara gamblang terhadap masyarakat bahwa perusahaan akan berusaha bertanggungjawab. Yakni dengan memberikan manfaat terhadap mereka seiring berkembangnya perusahaan yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka.

4. Monitoring

Yakni dengan mengukur /melihat impact dari kegiatan CSR, kemudia perlu adanya audit terhadap program yang sudah ada, kemudian komunikasikan dan dokumentasikan sebagai sebuah bukti.

- iklan produk “Aqua” beli 1 sama dengan menyumbangkan 10 liter air bersih untuk mereka yang kesulitan mencari air. (tanggungjawab “Aqua” terhadap lingkungan).

    CSR tanggungjawab sosial perusahaan untuk memberikan manfaaty bagi masyarakat sekitar. Hal tersebut juga bisa disebut dengan etika bisnis. Perusahaan yang berdiri harus punya tanggungjawab, keuntungan perusahaan dengan memberikan tanggungjawab terhadap masyarakat/lingkungan sekitar. (lifeboy : mencuci tangan – produk kebersihan – mendorong orang untuk hidup bersih dan selalu mencuci tangan). CSR dalam konteks memberikan nilai pada masyarakat berpartisipasi untuk memberikan kesejahteraan dan produktifitas karyawan yang berkerja didalam perusahaan.

    Pada dasarnya Coorporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep kesukarelaan dari perusahaan untuk perduli terhadap stakeholdersnya atau pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan tersebut secara langsung maupun tidak langsung. Namun alangkah baiknya sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sekitar, perlu bagi kita memberikan manfaat atas semua itu. Alasannya yakni, karena tanpa dukungan dari mereka juga, perusahaan yang kita bangun belum tentu bisa maju dan terus berkembang. (Diah Saharani)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH EMAIL PERUSAHAAAN

  OPENING : Promo 20%, Grand Opening Barokah Mart! Ayo Buruan Mampir!   ISI EMAIL :   Halo sobat belanja, kali ini mimin menginformasikan ba...