Jumat, 19 November 2021

PERAN MANAJEMEN DALAM KOMUNIKASI INTERNAL

 

PERAN MANAJEMEN DALAM KOMUNIKASI INTERNAL

 


    Pada dasarnya komunikasi itu sangat diperlukan baik dengan diri sendiri, orang lain ataupun kelompok pasti tidak akan bisa yang namanya tidak berkomunikasi. Karena setiap  interaksi yang berlangsung  juga diperlukan komunikasi. Kata komunikasi, jika di tambahkan kata internal menjadi komunikasi internal dapat dipahami sebagai komunikasi yang terjadi dalam sebua organisasi, perusahaan atau lembaga tertentu.

    Selanjutnya adapun peran manajemen dalam komunikasi internal yakni menjadi acuan dari seseorang yang bertugas sebagai pengelola, atau manajer agar dapat mengatur organisasi, lembaga atau perusahaannya. Sebab Manajemen artinya adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut dengan memanfaatkan  sumber daya yang tersedia Oleh sebab itu setelah memahami dasar dari pembahasan materi dalam makalah ini maka penulis ingin mempelajari dan mengetahui lebih dalam, peran dari manajemen tersebut dalam ranah komunikasi internal.

- Manajemen Komunikasi
     Adalah sistem yang diterapkan dalam sebuah  kegiatan komunikasi. Sehingga manajemen akan berperan atau sebagai penggerak aktivitas komunikasi dalam usaha pencapaian tujuan komunikasi.
 
- Manajer dan Manajemen Komunikasi
   Dalam konteks manajemen komunikasi, maka seorang manajer komunikasi juga harus mampu melakukan proses manajemen untuk tercapainya tujuan komunikasi dalam sebuah organisasi.
 
Pentingnya Manajemen Komunikasi Internal
1.    Membantu keterlibatan karyawan, tujuannya agar lebih produktif dan menghindari tingkat kestressan.
2.  Memastikan transparansi dalam organisasi, tujuannya untuk keterbukaan dan memastikan kepercayaan anggota/orang-orang yang ada didalam organisasi.
3. Memudahkan karyawan mendapatkan informasi terbarui (up to date) tujuannya untuk memberi semangat/motivasi untuk para anggota dan meningkatkan hubungan kerja.
4.   Membantu darurat krisis.
5.   Mencari metode lain untuk menghadapi dan menangani krisis.
6.   Memupuk nilai dan budaya perusahaan.
7.   Memungkinkan umpan balik dan inovasi-inovasi.
 
Fungsi manajemen juga bisa disebut ilmu manajemen.
Fungsi ini memuat perihal apa saja yang dilakukan di bidang manajemen.
 
1. Planning (perencanaan) Perencanaan merupakan proses pembuatan strategi untuk mencapai tujuan, serta pengembangan rencana aktivitas organisasi.
 
2.Organizing (pengorganisasian) Pengorganisasian merupakan proses penyusunan atau penentuan sumber daya organisasi demi mencapai tujuan perusahaan.
 
3. Actuating (pelaksanaan/tindakan/aksi) Pelaksanaan merupakan proses penerapan rencana, konsep, ide, serta gagasan yang telah dibuat sebelumnya, untuk meraih tujuan bersama.
 
4. Controling (pengendalian) Pengendalian merupakan bentuk kontrol atau evaluasi terhadap kinerja organisasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika apa yang telah direncanakan, disusun serta dijalankan sudah sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya.
 
Beberapa Produk Manajemen Komunikasi
a.      Manajemen komunikasi bidang jurnalistik
Jurnalistik merupakan salah satu jenis aktivitas khas komunikasi yang lebih memusatkan perhatian pada cara mencari, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita, serta menyajikannya kepada khalayak melalui media massa baik cetak maupun elektronik.
 
b.      Manajemen komunikasi bidang kehumasan
Kehumasan merupakan aktivitas komunikasi untuk memasarkan dan menumbuhkan citra organisasi dengan memanfaatkan berbagai jenis media sebagai saluran informasinya.
 
c.       Manajemen komunikasi bidang penyiaran
Penyiaran berasal dari kata siar, yakni pendistribusian informasi dengan menggunakan peralatan pemancar yang dipancarkan dari suatu radio atau televisi.
 
d.      Manajemen komunikasi bidang penyuluhan
Penyuluhan merupakan aktivitas komunikasi yang mengelola informasi dengan tujuan untuk perubahan sikap.
 

    Jadi kesimpulannya manajemen sangat berkaitan dengan manajer maka dari itu peran manajemen dalam komunikasi organisasi yakni memiliki tanggung jawab komunikasi yang besar yang mengarahkan dan mengendalikan sebuah organisasi. Manajer mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan fakta, statistik, dan keputusan. Manajer yang efektif juga membangun diri mereka sendiri di pusat jaringan informasi untuk memfasilitasi penyelesaian tugas.Pada intinya peran dari manajemen dalam komunikasi internal yaitu sebagai elemen yang harus ada dalam kegiatan manajemen. Karena hal tersebut menjadi acuan dari seseorang yang bertugas sebagai pengelola, atau manajer. Manajer inilah yang bertugas untuk memastikan bahwa tujuan dapat tercapai, dengan menyusun perencanaan, koordinasi, dan pengendalian. (Diah Saharani)

 

Sumber Referensi :

Riinawati, (2019). Pengantar Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Surabaya: Pustaka Baru Press.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/28/110000169/fungsi-fungsi-manajemen-dan-contohnya

Angger Aditama, Roni, (2020). Pengantar Manajemen. Malang: AE Publishing.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH EMAIL PERUSAHAAAN

  OPENING : Promo 20%, Grand Opening Barokah Mart! Ayo Buruan Mampir!   ISI EMAIL :   Halo sobat belanja, kali ini mimin menginformasikan ba...